HEBOH, VIDEO CALLING WHATSAPP TERNYATA VIRUS PENCURI DATA KONTAK

By | May 25, 2015

Para penggila internet dihebohkan dengan virus pencuri data kontak yang berada di video calling wahtsapp. Di duga virus ini di sebarkan oleh penjahat cyber untuk mencuri data-data atau kontak yang di simpan oleh pengguna smartphone.

video calling whatsapp

video calling whatsapp

Dikutip dari News Softpedia bahwa, karena banyaknya pengguna aplikasi chat Whatsapp yang kira-kira mencapai 800 juta lebih penggunanya, merupakan salah satu jalan yang menarik bagi para penjahat dunia maya, sehingga fitur baru menjadi bulan-bulanan yang digunakan penipu untuk menyusup ke dalam perangkat pengguna.

 

Salah satu yang digunakan oleh para cybercrime untuk melakukan spamming ke dalam perangkat ialah fitur pembaharuan video calling yang ada di whatsapp. Para pengguna akan dikirimkan banyak pesan palsu untuk menginstall aplikasi baru dari beberapa perusahaan, yang di klaim lebih baik daripada aplikasi skype atau whatsapp.

Pengguna yang terkirim spam oleh si “penjahat dumay” berupa link atau alamat URL untuk me-download fitur tersebut, kemudian akan diminta untuk melakukan proses verifikasi untuk meningkatkan kepercayaan si penggunanya. Selain itu, pengguna juga akan diminta untuk mengundang 10 teman yang aktif atau grup yang berada didalam aplikasi whatsapp tersebut.

Setelah aplikasi terinstal, pengguna akan dibawa ke halaman situs baru sebagai proses lanjutan. Kemudian dalam halaman ini, pengguna akan diminta untuk memasukan nomor atau data seperti halnya survei online yang diklaim sebagai syarat dan pengiriman kode aktivasi fitur baru WhatsApp.

Sebenarnya, cara tersebut adalah proses penipuan untuk mendapatkan data pribadi pengguna, serta mendapatkan kontak teman lainnya yang diundang. Sehingga penjahat tidak hanya memiliki satu data pengguna, nomor kontak yang diundang juga akan ikut terjerat dalam fitur palsu WhatsApp baru ini.

Hal ini akan sangat merugikan bagi para pengguna, karena data-data akan terus menerus di kirimkan spam oleh si penjahat. Dan juga tidak sedikit yang berakibat merusak software ponsel pengguna karena menginstall aplikasi yang tidak terpercaya sumbernya.

Maka dari itu, sebaiknya para pengguna smartphone harus lebih berhati-hati dalam memberikan data-data pribadi. Jangan asal isi yaa!

2 thoughts on “HEBOH, VIDEO CALLING WHATSAPP TERNYATA VIRUS PENCURI DATA KONTAK

  1. bing

    Does your blog have a contact page? I’m having a tough
    time locating it but, I’d like to shoot you an email. I’ve got
    some suggestions for your blog you might be interested
    in hearing. Either way, great website and I look forward to seeing it grow
    over time.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *