FUNGSI DAN PENGERTIAN WEB SERVER BERSERTA CONTOH

By | August 27, 2015

Pengertian Web Server adalah perangkat lunak (Software) yang berfungsi untuk mengirim dan menerima layanan berupa data dari HTTP/HTTPS. Web server ini berada di tengah-tengah yang menjembatani permintaan  client ke server (peladen) melalui perangkat lunak yang biasa dikenal dengan nama web browser seperti Google chrome ataupun Mozilla Firefox, berfungsi untuk menampilkan sebuah halaman website/ situs yang berformat HTML ataupun PHP dari server ke client (Client-server) yang di tampilkan di web browser.

Contoh cara kerja fungsi web server

Fungsi dan pengertian web server- cara kerja server web

FUNGSI DAN PENGERTIAN WEB SERVER

Secara garis besar, web server memiliki fungsi untuk menerima request dan merespon request dari client melalui browser pada jalur protokol komunikasi yang kemudian di teruskan kembali ke client berupa hasil yang ada berupa data-data seperti gambar, tulisan, video, atau dokumen. Sederhananya pengertian web server adalah sebuah perangkat lunak (peladen situs/server web) yang merespon permintaan dari client (menggunakan web browser) ke tempat data di letakan / disimpan, yang kemudian dikirimkan melalui jalur http (Hypertext Transmit Protocol)/ https (Hypertext Transmit Protocol Secure) dan di tampilkan di halaman web browser yang digunakan oleh client.

BEBERAPA CONTOH WEB SERVER

Web server apache yang awal mulanya sebuah software open source (perangkat lunak terbuka) adalah alternatif dari netscape yang kemudian sejak bulan april 1996 menjadi server web yang populer dan paling sering digunakan di internet.

Asal mula nama Apache berasal ketika sebuah server web populer yang dikembangkan pada awal 1995 yang bernama NCSA HTTPd 1.3 memiliki sejumlah perubahan besar terhadap kode sumbernya (patch). Saking banyaknya patch pada perangkat lunak tersebut sehingga disebut sebuah server yang memiliki banyak patch (“a patchy” server). Tetapi pada halaman FAQ situs web resminya, disebutkan bahwa “Apache” dipilih untuk menghormati suku asli Indian Amerika Apache (Indé), yang dikenal karena keahlian dan strategi perangnya. Versi 2 dari Apache ditulis dari awal tanpa mengandung kode sumber dari NCSA.

Web server apache ini dapat berjalan di sistem operasi berbasis unix / linux.

Sebuah perusahaan besar microsoft menggunakan web server IIS pada sistem operasinya, yaitu pada Windows NT 4.0 Server, Windows 2000 Server atau Windows Server 2003. Layanan ini berfungsi sebagai pendukung protokol TCP/IP yang berjalan dalam lapisan aplikasi (application layer). IIS juga menjadi fondasi dari platform Internet dan Intranet Microsoft, yang mencakup Microsoft Site Server, Microsoft Commercial Internet System dan produk-produk Microsoft Back Office lainnya.

LiteSpeed Web Server adalah produk inti perusahaan, web server yang ringan, dan mampu membaca konfigurasi Apache secara langsung. Perangkat lunak umumnya digunakan bersama dengan control panel web hosting, untuk menggantikan apache sebagai web server. LiteSpeed web server tersedia untuk Linux, Mac OS X, Solaris, dan FreeBSD. Rilis stabil terakhir adalah 5.0 yang dirilis pada bulan April 2015. LiteSpeed Web Server mendukung kedua SPDY / 3.1 dan HTTP baru / 2 jaringan protokol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *